Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan, menganalisa dan mendikripsikan strategi
pengembangan usaha Dapur Etam Sejahtera dengan melihat kekuatan, kelemahan, ancaman dan
peluang serta menentukan strategi yang tepat dan akurat dalam meningkatkan penjualan. Jenis
penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik analisis data yang di
gunakan adalah teknik analisis SWOT untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis serta
merumuskan strategi, dan analisis QSPM (Quantitatif Strategic Planning Matrix) untuk menentukan
prioritas strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Dapur Etam Sejahtera memiliki 8
(delapan) alternatif strategi, strategi kualitas produk, mempertahankan kualitas produk (8,29),
memaksimalkan kapasitas produksi (8,13), dan selalu meningkatkan daya saing penjualan (8,01).

Keywords

Strategi Pengembangan, UMKM, Peningkatan Penjualan

Article Details

References

  1. Afifuddin. (2010). Pengantar Administrasi Pembangunan. Bandung:Alfabeta.
  2. Alma, Buchari. (2006) Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum, Bandung : Alfabeta
  3. David, F. R. (2002). Manajemen Strategis, Edisi ketujuh. Alih Bahasa Alexander Sindoro,
  4. Jakarta : PT. INDEKS
  5. ______________ (2012). Strategic Management : Manajemen Strategis Konsep. Salemba
  6. Empat, Bandung.
  7. Dyson, R.G. (2000). Strategy, Performance and Operational Research, Journal of the
  8. Operational Research Society, 51, 5–11.
  9. Freddy, Rangkuti (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Gramedia
  10. Pustaka Utama
  11. Grant, Robert M dan Craig, James C (2002) Strategic Management Manajemen Strategi. Elex
  12. Media Komputindo. Jakarta.
  13. Hafsah, M.J. (2004). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal
  14. Infokop. No. 25 Tahun 2015.
  15. Hasan, Ali (2009). Marketing, Yogyakarta: MedPress.
  16. Kasmir (2005). Pemasaran Jasa. Jakarta : Graya Grafindo Persada
  17. Kurniawan, A. F. (2011). Interpretasi Pajak Dan Persepsinya Menurut Perspektif Wajib Pajak
  18. Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Sebuah Studi Interpretif). Simposium Nasional
  19. Akutansi XIV Aceh.
  20. Rego, G., and Nunes, R. (2010). Hospital Foundation: a SWOT Analysis, ibusiness, 2, 210–
  21. 217.
  22. Reksohadiprodjo, Sukanto (2003). Manajemen Strategi, Edisi Ke-4, Yogyakarta : BPFEYogyakarta.
  23. Rudianto (2013). Akuntansi Manajemen, Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategi,
  24. Jakarta : Gelora Aksara Pratama.
  25. Sedarmayanti. (2014). Manajemen Strategi, Cetakan Kesatu. Refika Aditama, Bandung.
  26. Siagian, S.P. (2000). Manajemen Strategik, Jakarta: Bumi Aksara
  27. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan
  28. Menengah.
  29. www.poskotakaltim.new.com. (2020). Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
  30. Kalimantan Timur. diakses 29 Maret 2020.
  31. www.ibukotakita.com. (2020). Hasil Survei Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur. Bank
  32. Indonesia. diakses 2 Mei 2020.
  33. Zulkarnaen, H. O., dan Sutopo. (2013). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Kecil
  34. Menengah (UKM) Makanan Ringan (Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo).
  35. Diponegoro Journal of Management. 2 (3): 1-13.