Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengivestigasi dampak customer soluiton, customer cost dan
convenience terhadap physicological dan buying decision selama masa PSBB dalam
penanggulangan pandemi COVID-19 di Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode sampling
degnan berdasarkan jumlah perkalian indikator variabel untuk mewakili seluruh responden yang
menggunakan sistem daftar pertanyaan yang dikelola sendiri, didesain dari lima dimensi dengan
menggunakan skala likert. Pemodelan persamaan struktural berbasis varian (PLS-SEM) digunakan
untuk menguji pengajuan model struktural dengan dukungan software SmartPLS 3.2.9. Temuan
penelitian ini mengungkapkan bahwa customer solution, dan convenience berpengaruh secara
langsung langsung positif dan signfikan terhadap physicological, kecuali customer cost berpengaruh
secarfa langsung negatif dan tidak signfikan terhadap physicological. Selain itu ditemukan pula


bahwa physicological berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap buying decision.
Selanjutnya ditemukan bahwa consumer solution dan convenience berpengaruh secara tidak
langsung terhadap buying decision melalui mediasi physilogical positif dan signfikan, kecuali
customer cost berpengaruh secara tidak langsung terhadap buying decision melalui mediasi
physilogical negatif dan tidak signikan. Pada masa PSBB sebagai antisipasi terhadap pandemi
COVID-19 toko-toko berukuran besar dan permanen yang selama ini berperan besar dalam
menyediakan kebutuhan pokok mayarakat tidak dapat beoperasi secara normal. Pengaruh jarak dan
keamaman dalam berbelanja menentukan sikap konsumen untuk mengambil keputusan berbelanja
di toko terdekat dengan rumah dan dalam kondisi aman dari keramaian atau kerumunan masa. Paad
situasi ini juga memungkinkan adanya keterbatasan pasokan bahan kebutuan pokok yang menaikan
harga namun tidak berdampak terhadap keputusannya untuk membeli dan telah membentuk
perilaku psikologis yang baru.

Keywords

Customer Solution, Customer Cost, Convenience, Physicological, Buying Decision, PSBB, COVID-19

Article Details

References

  1. Ajzen, I. (1991) ‘The theory of planned behavior’, Organizational Behavior and Human
  2. Decision Processes. doi: 10.1016/0749-5978(91)90020-T.
  3. Dodds, W. B., Monroe, K. B. and Grewal, D. (1991) ‘Of Information Buyers ’ Evaluations’,
  4. Journal of Marketing Research. doi: 10.2307/3172866.
  5. Durianto, S., Widjaja, A. W. and Supratikno, H. (2003) ‘Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang
  6. Efektif’, Jakarta: Erlangga.
  7. Ghozali dan Aprilia (2013) 'Teknik Penyusunan Skala Likert (Summated Scales) Dalam
  8. Penelitian Akuntansi Dan Bisnis, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
  9. Semarang.
  10. Hermawan, K. (2008) ‘Seri 9 Hermawan Kertajaya on Marketing Mix’, marketing mix.
  11. Hidayat, A. T., Elita, F. M. and Setiaman, A. (2012) ‘Hubungan Antara Atribut Produk Dengan
  12. Minat Beli Konsumen’, Students e-Journal.
  13. Huitt, W. (2007) ‘Maslow ’ s Hierarchy of Needs’, European Journal of Social Science. doi:
  14. 10.1256/wea.73.04.
  15. Hutauruk, M. R., Ghozali, I., Sutarmo, Y., Mushofa, A., Suyanto, Astri Yulidar, M., et al.
  16. (2019) ‘Aplication of marketing mix: Study on two-wheeled vehicle users in deciding to
  17. buy fuel on roadside unofficial kiosks (at samarinda Indonesia)’, International Journal of
  18. Scientific and Technology Research, 8(12), pp. 1275–1279.
  19. Hutauruk, M. R., Ghozali, I., Sutarmo, Y., Mushofa, A., Suyanto, Yulidar, M. A., et al. (2019)
  20. ‘The impact of self-assessment system ontax payment through tax control as moderation
  21. variables’, International Journal of Scientific and Technology Research. International
  22. Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), pp. 3255–3260.
  23. Hutauruk, M. R. et al. (2020) ‘Marketing mix and customer satisfaction in its role toward
  24. customer loyalty through environmental accounting moderation’, International Journal of
  25. Scientific and Technology Research.
  26. Hutauruk, M. R. and Ghozali, I. (2020) ‘Overview of return on investment on cigarette
  27. companies registered in indonesia stock exchange’, International Journal of Scientific and
  28. Technology Research.
  29. Hutauruk, M. R., Ghozali, I. and Sutarmo, Y. (2020) ‘The factors impact on prospective client
  30. to make a decision using the accountant service office (“KJA”) in Indonesia’, International
  31. Journal of Scientific and Technology Research. International Journal of Scientific and
  32. Technology Research, 9(2), pp. 2200–2206.
  33. Khan, J. H., Haque, A. and Rahman, M. S. (2013) ‘What makes tourists satisfied? An empirical
  34. study on malaysian islamic tourist destination’, Middle East Journal of Scientific
  35. Research. doi: 10.5829/idosi.mejsr.2013.14.12.2250.
  36. Kotler, P. (2000) ‘Marketing Management , Millenium Edition’, Marketing Management. doi:
  37. 10.1016/0024-6301(90)90145-T.
  38. Kotler, P. (2012) ‘Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller’, Pearson
  39. Education International.
  40. Kotler, P. and Armstrong, G. (2018) Kotler & Armstrong, Principles of Marketing |
  41. Pearson, Pearson.
  42. Kotler y Amstrong, 2008 (2008) Fundamentos de Marketing,Kotler and Armstrong, Pearson.
  43. doi: 10.1080/14760584.2016.1192474.
  44. Lang, M., Stanton, J. and Qu, Y. (2014) ‘Consumers’ evolving definition and expectations for
  45. local foods’, British Food Journal. doi: 10.1108/BFJ-03-2014-0117.
  46. Lazo, H. (1961) ‘What Shall We Do about Advertising?’, Journal of Marketing. doi:
  47. 10.2307/1248956.
  48. Meador, R. M., Phillips, C. F. and Duncan, D. J. (1970) ‘Marketing: Principles and Practices’,
  49. Journal of Marketing. doi: 10.2307/1250302.
  50. Mulvihill, D. F. et al. (1957) ‘Principles of Marketing’, Journal of Marketing. doi:
  51. 10.2307/1247222.
  52. Schiffman, L. and Kanuk, L. L. (2008) ‘Perilaku konsumen’, Jakarta: Indeks.
  53. Sekaran, U., & Bougie, R. (2003) Research method for business: A skill building approach,
  54. 5th edition, United States: John Wiley & Sons Inc.
  55. Shao, C., Baker, J., & Wagner, J. (2004) ‘The effects of appropriateness of service contact
  56. personnel dress on customer expectations of service quality and purchase intention: The
  57. moderating influences of involvement and gender. Journal of Business Research, 57(10),
  58. 1164-1176.