Main Article Content

Abstract

Faktor yang berpengaruh terhadap upaya pembangunan pendidikan di Indonesia antara lain tersedianya guru yang memadai, baik kuantitas maupun kualitas. Untuk itu perlu dilakukan kajian terkait pengelolaan guru negeri pada SD dan SMP di Kota Samarinda yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemecahan pokok-pokok permasalahannya. Metode penelitian ini adalah mixed methods dan evaluatif dengan unit analisis satuan pendidikan SD dan SMP Negeri yang ada di Kota Samarinda. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, FGD dan kuesioner untuk mengetahui data guru. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah guru PNS pada SD dan SMP Negeri di Kota Samarinda masih belum mencukupi kebutuhan dan sudah cukup banyak yang tersertifikasi, artinya dari segi kompetensi guru sudah sesuai. Hasil proyeksi menunjukkan jika sampai 2 tahun ke depan kebutuhan akan jumlah guru PNS pada SD dan SMP Negeri di Kota Samarinda meningkat. Untuk itu perlu pengangkatan guru SD dan SMP di wilayah Kota Samarinda dengan komposisi jumlah sesuai kebutuhan guru SD dan SMP, terutama guru yang masih non PNS dan pemeretaan guuru. Selain itu, memberikan peluang bagi guru yang belum bersertifikat pendidik untuk mengikuti PPG dalam jabatan dibiayai oleh pemerintah Kota Samarinda dan engadakan pemantauan kompetensi guru secara periodik.

Keywords

Pengelolaan, Guru Negeri, SD, SMP

Article Details

References

  1. Behrstock, Ellen, M. C. (2010). Ensuring the Equitable Distribution of Teachers: Strategies for School, District, and State Leaders (1st ed.). National Comprehensive Center for Teacher. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED520725.pdf
  2. Borg, W.R and Gall, M. . (2003). Educational Research: An Introduction (4th ed.). Longman Inc.
  3. BPS. (2020). Hasil Sensus Penduduk 2020. https://samarindakota.bps.go.id/pressrelease/2021/01/26/101/hasil-sensus-penduduk-2020.html
  4. Creswell, J. W. (2003). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.
  5. Danim, S. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif (61st ed.). Pustaka.
  6. Hasan, A. (2003). Meningkatkan Profesionalisme Guru. Diknas.
  7. Ilfiyah,A., et. a. (2015). Kegagalan Pemerataan Guru Evaluasi SKB 5 Menteri Tahun 2011 tentang Penataan dan Pemerataan Guru PNS di Indonesia. https://issuu.com/representasiefektif/docs/icw_kegagalan_pemerataan_guru_
  8. Isma, F. M. A. N. (2017). Analisis Kebijakan Perencanaan Kebutuhan Guru SMA Di Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 5(4), 253–261. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/9387/7375
  9. Koswara. (2016). Kompetensi dan kinerja guru berdasarkan sertifikasi profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 61–71. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/3269-6145-2-PB.pdf
  10. Matin. (2013). Perencanaan pendidikan : perspektif proses dan teknik dalam penyusunan rencana pendidikan (1st ed.). Rajawali Press.
  11. Peske, Heather G.; Haycock, K. (2006). Teaching Inequality: How Poor and Minority Students Are Shortchanged on Teacher Quality: A Report and Recommendations by the Education Trust. https://edtrust.org/wp-content/uploads/2013/10/TQReportJune2006.pdf
  12. Roestiyah NK. (2001). Masalah-Masalah Ilmu Keguruan (4th ed.). Bina Aksara.
  13. Rosemarie. (2009). Konsep Administrasi Pendidikan. Majalah Ilmiah Maranatha, 16(2), 74–83. https://repository.maranatha.edu/611/
  14. Sappaille, B. I. (2006, September). Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. BNSP, 51–55. http://www.bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/buletin/Edisi 03.pdf
  15. Sunandar. (2006). Analisis Perencanaan Kebutuhan Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 1–13.
  16. Sunuyeko, Nurcholis. Lani, Ahmad. Wahyuni, L. (2016). Analisis Kebutuhan Guru dalam Pengimplementasian Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 25(2), 18–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i12016p018
  17. Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru profesional. PT. Remaja Rosdakarya.
  18. Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan (D. Ilham (ed.); 1st ed.). Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo. https://core.ac.uk/download/pdf/198238855.pdf
  19. Permendikbud No.15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
  20. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi Nomor 26 Tahun 2011 tentang Pedoman Perhitungan Jumlah Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil Untuk Daerah
  21. Petunjuk Teknis Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, dan Menteri Agama Nomor 05/x/PB/20rr, Nomor SPB/03/M.PAN-RB / rO l2OLr, Nomor 48 Tahun 2Oil, Nomor 158/PMK.O | /20rr, Nomor 11 Tahun 2011 tentang Penataan dan Pemerataan Guru Pegawai Negeri Sipil