Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap
pembelian online shop. Penelitian dilakukan kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen
Indonesia (STIMI) Samarinda dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Adapun metode
analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kualitas produk, harga dan promosi baik parsial maupun simultan berpengaruh secara positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada online shop dengan persentase cukup baik yaitu
59,3%. Demikian bahwa variabel independen memiliki pengaruh yang cukup kuat dan dapat
dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan keputusan pembelian. Hasil tersebut juga dapat
dijadikan sebagai strategi oleh perusahaan dalam meningkatkan jumlah penjualan.
Keywords
Article Details
References
- Assauri, Sofjan. (2004). Manajemen Pemasaran. Rajawali Press, Jakarta
- Devaraj, Fan, and Kohli, 2003. E-Loyalty -elusive ideal or competitive edge? Communication
- of the ACM 46 (9): 184-191.
- Gendis Tunjungsari; Harlina Nurtjahjanti; dan Setyawan, Imam (2009). Correlation between
- perception via website on then student of psychology Faculty, Diponegoro University
- (Studies on Female student who have never bought fashion product via website). Journal
- Manajemen Bisnis. 4(2): pp.3-1.
- Ghozali, Imam (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.
- Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta,
- Erlangga.
- Mahkota, Andi Putra., Imam Suyadi dan Riyadi (2014). Pengaruh Kepercayaan dan
- Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan. Website
- Ride Inc. .Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 8 (2): 12-23
- Machfoedz, Mahmud. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Edisi Pertama. Cetakan Pertama.
- Penerbit. UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
- Middleton, Fiona (2020). Reliability vs validity: what’s the difference?
- https://www.scribbr.com/methodology/reliability-vs-validity/ diakses pada tanggal 18
- Juni 2020.
- Luh Alviolita Kusuma Nusarika dan Ni Made Purnami (2015). Pengaruh Persepsi Harga,
- Kepercayaan, dan Orientasi Belanja Terhadap Niat Beli Secara Online. E-Jurnal
- Manajemen Unud, Vol. 4 (8): 2380-2406.
- Machrowi, Nachrowi D (2006). Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika untuk Analisis
- Ekonomi dan Keuangan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universutas
- Indonesia.
- Ranius, A. Yani (2014). Hubungan Pemasaran Secara Online Terhadap Keputusan
- Konsumen Dalam Pembelian. Prosiding SNIT 2014.
- Sari, Chacha Andira (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi
- Di Universitas Airlangga, Jurnal Antro Unair dotNet: Vol. 4 No. 2.
- Suhari, Yohanes (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang
- Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 8 (2): 140-146.
- Schiffman, L.G., dan Kanuk, L.L. (2015). Consumer Behaviour (11th Edititon). Global
- Edition.
- Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Thamizhvanan, Arun and M.J. Xavier (2012). “Determinants of customers’ online purchase
- intention: an empirical study in India”. Emeraldinsight. 4 (1): 1755-1795.
- Tjiptono, Fandy (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.